Mengenal Baju Bodo Pakaian Adat Suku Bugis Makassar

Cesaret-ID - Busana adat Sulawesi Selatan yaitu Baju Bodo, bodo yang artinya dalam bahasa Bugis Makassar yaitu " pendek ", baju bodo hanya menutupi bagian tubuh sipemakai hanya sampai pinggul saja. Baju Bodo merupakan busana atau baju adat suku bugis makassar di Sulawesi Selatan, ada juga baju la'bu, labu yang berarti " panjang " sebaliknya baju la'bu penutupi sampai bagian paha.

sumber foto : Wikipedia

Baju Bodo hanya di pakai untuk kaum wanita. Baju Bodo juga di kenal sebagai salah satu busana tertua di dunia, baju bodo memiliki corak warna dan artinya. Busana ini kerap di pakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan, bersyukur kepada pencipta atas pencapaian, dan menyambut tamu agung.
WarnaArti
Jinggadipakai oleh anak perempuan berumur 10 tahun.
Jingga dan merahdipakai oleh gadis berumur 10-14 tahun.
Merahdipakai oleh perempuan berumur 17-25 tahun.
Putihdipakai oleh para pembantu dan dukun.
Hijaudipakai oleh perempuan bangsawan.
Ungudipakai oleh para janda.

Bagaimana ? kalian udah mengetahui apa itu " Baju Bodo " jika belum silahkan berkomentar di bawah, jangan lupa untuk terus melakukan budaya yang sudah di ajarkan oleh leluhur kita, jadi kita ini penerus bangsa harus tetap menjungjung tinggi apa yang sudah di lakukan para leluhur, supaya adat dan tradisi suku kita tidak hilang atau di cap oleh negara lain. 

0 Response to "Mengenal Baju Bodo Pakaian Adat Suku Bugis Makassar"

Post a Comment